Recent Post

Dunia Burung Dan Hewan

Powered by FeedBurner

Kucing Anggora | Turkish Angora

Kucing Asal Turki | Turkish Angora
Khusus hewan Kucing yang satu ini biasanya banyak di sukai oleh kaum wanita dan anak - anak, bagaimana tidak hampir seluruh lapisan masyarakat di di dunia telah mengetahui bahwa hewan atau binatang Kucing ini sangat lucu dan indah serta beragam corak warna dan bulu - bulu yang lebat.

Yang kita bicarakan di sini adalah Kucing Anggora atau Turkish Angora, ada juga kucing anggora ini merupakan kucing dengan Ras yang tertua di dunia hingga kini.

Kucing Anggora (Angora / Angola), adalah salah satu kucing ras tertua yang berasal dari Angora (sejak 1930 disebut Ankara), Turki. Kucing ini terlihat mirip dengan kucing Persia, tapi yang membedakan menurut saya adalah dilihat dari moncong hidungnya, karena Kucing Persia lebih pesek sedang Kucing Anggora sedikit mancung.

Kucing Anggora sudah ada dan dikenal sejak abad ke-16, terutama jenis Kucing Anggora yang memiliki bulu panjang, kucing Anggora berbulu panjang ini mempunyai sejarah yang paling tua, melihat namanya, kucing ini memang berasal dari turki, dan nama angora diambil dari nama ibukota Turki, Angora (Ankara).

Kucing Anggora ini mempunyai ekor yang halus dengan bulu panjang medium, dengan struktur tulang terlihat jelas, dan tampaknya ada hubungan antara kucing Ankara ini dengan Kucing Persia, dan Turkish angora ini merupakan sepupu jauh dari Turkish Van, meskipun mereka dikenal dengan kucing yang mempunyai bulu shimmery putih.

Umumnya Ciri Kucing Anggora warna bulunya putih, ungu muda, dan coklat tua, bulu di badan Kucing Anggora mempunyai panjangnya sedang, sedangkan di bagian leher lebih panjang dan dibagian perut dan ekor, bulunya lebih tebal dan panjang. 

Bulu telinga Kucing Anggora halusnya seperti sutera, sedangkan bulu yang berada di bagian bawah Kucing Anggora lebih sedikit dan licin, kucing Anggora ini tidak memiliki dua lapisan bulu, seperti halnya kucing Persian, pada kucing Persian, di bawah bulu panjangnya, terdapat satu lapisan bulu yang halus, seperti beludru, oleh sebab itu, bulu Kucing Anggora lebih mudah disisir dan dirapikan, daripada kucing Persian. Bulu Kucing Anggora cukup disisir seminggu sekali, tetapi pada saat kucing sedang berganti bulu, perlu disisir tiap hari.

Kepala Kucing Anggora membentuk huruf V, telinganya besar dan lancip, lehernya panjang dan halus, matanya berbentuk lonjong, berbadan kecil dan panjang. Ototnya tebal, Kucing Anggora memiliki ukuran bahu dan pantat sama lebarnya, tapi pantat Kucing Anggora agak kurus dan panjang, kaki belakang Kucing Anggora lebih panjang dari kaki depan. Ekor kucing Kucing Anggora panjang dan kecil, bulu ekornya seperti bulu burung, pada jari kaki tengah Kucing Anggora ada bulu panjang.

Saat ini lebih dari dua puluhan varietas jenis kucing angora, meliputi bulu warna hitam, biru dan kemerahan, dengan bentuk tabby atau tabby putih, bersama dengan varietas warna smoke dan hampir dengan berbagai macam warna seperti lingkaran, lavender, coklat cinnamon. 

Mata bisa berwarna biru, hijau, atau amber. bahkan bisa satu warna biru dan satu wana amber atau hijau. Gen W berperan pada bulu berwana putih dan mata biru berhubungan dengan kemampuan pendengaran, dan kehadiran mata berwarna biru dapat mengindikasikan telinga kucing tuli disisi mata biru itu berada.

Namun banyak juga kucing mata biru atau mata aneh yang lain yang mempunyai pendengaran normal, bahkan kucing yang tuli mempunyai kehidupan yang normal jika berada di dalam rumah ( indoor), telinga berbentuk besar dan tegak menunjuk ke atas, matanya berbentuk almond dan kepalanya besar disertai kerucut muka ke depan. Ciri lainnya adalah ekor yang tegak dan menjuntai keatas. Kucing angora berjalan dengan anggun dan seringkali ekornya menjuntai tegak keatas.

Kucing Anggora yang saat ini kita kenal disebut juga Turkish Angora atau Kucing Kedisi Ankara. Sebenarnya kucing Turkish Angora yang asli hanyalah memiliki warna bulu putih dengan mata biru atau kuning. Namun saat ini terdapat berbagai variasi warna seperti putih, hitam, cokelat, blangtelon (tiga warna), kucing, dan lain sebagainya.

Ingin Melihat Foto-foto Kucing Anggora >>Kucing Anggora <<

Sumber : Dari Berbagai Artikel


Jika artikel ini bermanfaat, anda bisa copy paste dengan mencantumkan Link nya di bawah ini


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar