Recent Post

Dunia Burung Dan Hewan

Powered by FeedBurner

Kucing Bengal | Asian Leopard Cat

Asian Leopard Cat yang sering disebut sebagai Bengal Tiger.
Asal - usul Nama bengal sendiri berasal dari nama ilmiah Asian Leopard Cat yang sering disebut sebagai Bengal Tiger, jika kita perhatikan Hewan yang satu ini hampir mirip dengan Kucing Hutan, dari segi warna bulunya yang loreng, sedangkan nama bengal itu sendiri di masyarkat pada umumnya yaitu yang berarti Nakal.

Kucing Bengal ini merupakan kucing yang penyayang, sangat mengasihi, suka berkawan, sangat aktif dan sentiasa ingin bermain dan menyukai air. Pemilik kucing bengal otomatis akan sangat sayang kepadanya, karena karakter yang baik dan unik tersebut, mereka mampu memuaskan hati pemiliknya.

Bentuk kepala kucing bengal besar dan agak panjang, tetapi lebih kecil dibandingkan porsi tubuhnya. Lehernya besar, panjang dan berotot, seimbang dengan ukuran kepala. Hidung besar dan lebar, sedangkan kulit hidung berwarna merah dengan garis luar hitam. Telinga sedang dan menghadap kedepan. Mata lebar dan bulat seperti buah almond, berwarna hijau atau amber.

Pola warna bengal sangat khas yaitu tabby spotted yang berwarna kehitam-hitaman, coklat atau cinnamon, dan garis horizontal hitam dibagian pundak, serta lingkaran berbentuk cincin pada ekor dengan ujung berwarna gelap. Warna dasar orange lebih disukai. Dikenal juga pola classic tabby yang terlihat seperti pola oyster di bagian paha dan pola kupu-kupu di bagian bahu.

Awal cerita tentang awal dari lahirnya Kucing Bengal ini ialah, Ada Seorang ahli genetik dan breeder kucing di California mencoba untuk menyilangkan Asian Leopard Cat dengan American Shorthair.

Perkawinan silang ini bertujuan untuk mendapatkan pola "spotted wild cat" pada kucing domestik, selanjutnya anak betina keturunannya disilangkan kembali dengan bapaknya sehingga dihasilkan anak kucing dengan pola spotted yang kemudian dikenal dengan ras Bengal, ras ini merupakan keturunan dari wild cat dan masih jarang ditemui.

Tahun 1973 Dr. Centerwall dari California University melanjutkan program persilangan tersebut untuk mendapatkan the Asian Leopard Cat yang tahan terhadap penyakit Feline Leukemia yang disebabkan oleh sejenis virus. Tahun 1983 ras ini didaftarkan di asosiasi/federasi TICA, sedangkan federasi FiFe baru belakangan ini mengakuinya. Bengal baru diperkenalkan di Perancis pada tahun 1991.

Pada bulan februari 1998, seekor kucing bengal bernama Cato, memegang rekor sebagai kucing termahal di dunia. Cato dibeli oleh Cindy Jackson (London, Inggris) dengan harga 41.435 USD (Sekitar Rp 372,6 Juta). Cindy sendiri adalah seorang pemegang rekor dunia sebagai orang yang menjalani operasi plastik terbanyak terbanyak. Rekor kucing termahal ini hanya bertahan hingga tahun 2005.

Kucing ras Bengal merupakan kucing yang cerdas dan aktif, salah satu ciri khasnya adalah kesukaan akan air, mereka suka bila sebagian tubuhnya basah oleh air, mereka senang sekali mandi dan berendam dalam bathtub bersama pemiliknya.

Breed Standard (SOP = Standard Of Points), Hampir seluruh asosiasi/federasi/organisasi internasional memiliki standard (breed standard atau SOP = Standard Of Points) kucing ini.

Lihat Foto - Foto :  Kucing Bengal

Sumber Artikel : Kucing Bengal


Jika artikel ini bermanfaat, anda bisa copy paste dengan mencantumkan Link nya di bawah ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar